Minggu, 16 Desember 2012

Media Pembelajaran Bahasa II




Desi(06101002020)

Pembelajaran sebagai proses komunikasi

J Proses komunikasi dalam pembelajaran
Proses komunikasi adalah proses penyampaian pesan dari sumber pesan ke penerima pesan melalui saluran atau media tertentu. Proses komunikasi dalam pembelajaran ialah pengajar menjalankan fungsinya sebagai pemberi pesan, pembelajar sebaagai penerima pesan, materi sebagai pesan, media pembelajaran sebagai media kominikasi, dan faktor lain sebagai umpan balik.

J Proses perenungan pesan, Hambatan, Cara Mengatasi Hambatan Komunikasi dalam pembelajaran
1.      Proses perenungan pesan
Dalam proses penuangan pesan, pengajar perlu menguasai dan mengenal pasti semua sumber pengetahuan yang dapat digunakan atau dituangkan menjadi pesan-pesan yang akan disampaikan dalam pembelajaran.
2.      Hambatan proses komunikasi dalam pembelajaran
a.       Faktor internal : hambatan psikologi, fisik.
b.      Hambatan eksternal : hambatan kultural, hambatan lingkungan.
3.      Mengatasi hambatan komunikasi dalam pembelajaran
Posisi media berfungsi membantu mengatasi hambatan-hambatan. Pengajar harus banyak membuat serta menggunakan media pembelajaran apabila ingin menjadi penganjar yang profesional.

J Penggunaan media dalam proses pembelajaran
1.      Peran pengajar dan media pembelajaran
Pengajar selayaknya tidak lagi memandang hanya media sebagai alat bantu belaka untuk mengajar, tetapi lebih sebagai alat penyalur pesan dari pemberi pesan (pengajar) ke penerima pesan (pembelajar).
2.      Pengetahuan dan pemahaman media pembelajaran
a.       Media sebagai alat komunikasi, yang dapat digunakan untuk lebih mengefektifkan proses pembelajaran,
b.      Fungsi media dalam rangka mencapai tujuan pendidikan,
c.       Situasi proses belajar,
d.      Hubungan antara metode mengajar dan media pembelajaran,
e.       Nilai dan manfaat media pendidikan dalam pengajaran,
f.       Memilih dan menggunakan media pembelajaran,
g.      Usaha inovasi media pembelajaran, dll
3.      Keterampilan memilih, menggunakan, dan membuat media pembelajaran
Pengajar atau calon pengajar, tentu saja harus berusaha memilih dan membuat media pembelajaran yang dapat memenuhi kriteria-kriteria sebagai sebuah media yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran.
Kriteria-kriteria pemilihan media adalah tujuan pengajaran, bahan pelajaran, metode mengajar, tersedianya alat yang dibutuhkan, jalannya pelajaran, penilaian hasil belajar, pribadi pengajar, minat dan kemampuan pembelajar, dan situasi pengajaran yang sedang berlangsung.
Komponen lain yang perlu dan harus diperhatikan pada saat memilih dan menggunakan media, yaitu : daya jangkau, keluwesan pakai, ketergantungan, kendali, tribut dan biaya.
Pengajar selain menggunakan media pembelajaran yang telah diproduksi oleh produser media, juga diharapkan dapat membuat sendiri media pembelajaran sederhana dan sesuai dengan kriteria pembuatan media. Tetapi untuk membuat media pembelajaran diperlukan keterampilan (skill). Maka, pengajar, penatar, presentator, yang berkeinginan untuk menjelaskan  sesuatu ide, informasi, suatu gagasan secara baik dan jelas, diperlukan keterampilan untuk menuangkan pesan secara baik.

J Nilai dan kegunaan Media Pembelajaran
Nilai dan kegunaan media pembelajaran untuk dapat mempertinggi proses pembelajara, mempertinggi hasil belajar yang dicapai dalam proses pembelajaran.
1.      Nilai media pembelajaran
Beberapa alasan mengapa media pembelajaran dapat mempertinggi proses belajar pembelajaran yaitu pertama, berkenaaan dengan manfaat media dalam proses pembelajaran dan kedua, berkenaan dengan taraf berfikir pembelajar.
2.      Kegunaan media pembelajaran
a.       Memperjelas sajian pesan dan tidak terlalu bersifat verbalistik dalam bentuk kata-kata tertulis dan lisan belaka.
b.      Mengatasi keterbatasan ruang, waktu, dan daya indera.
c.       Mengatasi sifat pasif anak didik.
d.      Mengatasi masalah seperti perbedaan sifat yg unik dari pembelajar dan pengajar serta masalah lainnya yang terkait dalam proses pembelajaran. 
Sumber: Sanaky, Hujair AH. 2011. Media Pembelajaran.Yogyakarta.: Kaukaba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar