Minggu, 16 Desember 2012

Analisis PROSA Dengan Menggunakan Strategi Respons Pembaca (Sastra Lisan Cerita Rakyat “Embah Jambrong”)





Analisis PROSA Dengan Menggunakan Strategi Respons Pembaca

(Sastra Lisan Cerita Rakyat “Embah Jambrong”)



I.                   Deskripsi Cerita Mbah Jambrong

           Cerita Mbah Jambrong  adalah cerita rakyat Ciburuy Padalarang-Sunda. Cerita yang tidak asing lagi bagi masyarakat sunda ini berbahasa sunda. Masyarakat sunda terletak di daerah Jawa Barat. Mbah Jambong merupakan tokoh yang digambarkan sebagai mahluk raksasa yang menunggu sebuah telaga. Ukuran tubuh Mbah Jambrong digambarkan sangat besar, betis nya saja ukurannya seperti pohon kelapa bahkan melebihi pohon beringin. Cerita ini diceritakan turun menurun dan menjadi kepercayaan, seperti jika terjadi kecelakaan di telaga, biasanya dihubungkan gangguan dari Mbah Jambrong.


II.                Lampiran Cerita Mbah Jambrong

Ceritera dedemit-                                                                    E. Karna, Padalarang, 1924

Ciburuy Padalarang-Sunda                                                     Laki-laki

Pedagang

Sunda, Indonesia

Ciburuy, 29 Oktober 1975


Embah Jambrong

(Dedemit Situ Ciburuy)


Aya budak di dieu teh jenenganana Kandi putrana Omo. Tah kitu barudak teh bararaong nguseup ti peuting di Ciburuy. Lajeng barudak teh ngarala lauk kieu we dinya sisi eta ieh diia sisi situ teh di ditu. Keur kitu ujug-ujug seok teh hujan, hujan gede. Kumaha ieu cenah hujan. Na ari pek teh manehna ngareret ngalieuk bitis, tangkal kalapa rain. Bitis buluna jambrong. Eu eta Embah Jambrong. Dugi ka katengger eta budak teh, si Kandina kalengger, tuh anak tukang itu tukang tunggu bangkuang.

Malihanana Endans ayeuna anu rada sepuhan kungsi ngajerit. Endang teh kantos mondok di dinya teh aya eta aya bagbagan, nungguan lauk. Ari cengkat ti dinya, jeung-tangkal caringin ieu  mah masih keneh jangkung eta cenah eta jangkungna teh, ngan jambrong, bitisna wungkul, jadi meureun sagede kumaha mastakana. Jadi ngalengkahna oge ti dieu teh ngan salengkah tuh dugi ka bumi itu teh, les bae teu aya, budakna kaburu teu eling. Kapan walahwah-waleuhweuh maling laukna oge teu tulus. Jadi ayeuna teh budakna ge teu daekeun ka ditu deui budakna teh.

Upami ayeuna aya kacilakaan sanes, di situ, kapercantenan ieuh, aya anu titeuleum tabuh dua, tentara kirang kumaha alatna, alat sagala rupi dicandak, kanggo penyelam kanggo sagala rupi bade milari letnan titeuleum. Tapi teras aya salah sahiji nyaeta Ibu Karni nu sok kitu teh kana Embah-Embah teh, Bapa nyuhunkeun tulung ka dinya, kumaha ieu teh Bu? Entong diteangan ayeuna engke jam salapan wengi, ayeuna mah aruih we entong moal kenging, mangga we ieu candak tektek wungkul, dipasihan we tektek sareng endog. Sumuhun tentara mah hartosna mah teu percanten, dugi ka dijaring sagala rupi, naha ari parantos dugi ka tabuh salapan ih geuning di handap we.


Terjemahan

Embah Jambrong


Ada seorang anak bernama Kandi, anak Omo. Pada suatu malam anak-anak itu memancing di Ciburuy. Anak-anak itu menangkap ikan di pinggir telaga itu. Tiba-tiba turunlah hujan lebat. Wah bagaimana kita kehujanan, kata mereka. Pada waktu mereka menoleh nampaklah sebuah betis yang besar, ya bukan pohon kelapa, melainkan betis yang berbulu lebat. O, itulah Embah Jambrong. Anak itu, si Kandi, jatuh pingsan, Kandi itu anak tukang bangkuang (nama sejenis ubi).

Endang yang lebih tua dari padanya pernah berteriak-teriak. Pada suatu malam Endang bermalam di tepian telaga itu menjaga ikan. Waktu bangun ia melihat seseorang, betisnya saja lebih tinggi dari pohon beringin itu, dan berbulu-bulu. Betisnya saja setinggi itu, apalagi kepalanya. Langkahnya itu dari sini sampai ke rumah itu, lebih lanjut ia tak dapat menyaksikannya sebab jatuh pingsan. Setelah siuman ia bicara tidak tentu ujung pangkalnya, mau curi ikan pun tidak jadi. Setelah itu ia jera tidak mau pergi lagi ke telaga.

Jika terjadi kecelakaan di telaga, biasanya dihubungkan dengan kepercayaan. Ada seorang tentara yang tenggelam pada jam dua. Segala alat dikerahkan, alat penyelam, dan alat lainnya dibawa untuk mencari letnan yang tenggelam itu. Saya sendiri pergi kepada ibu Karni, yaitu orang yang tahu akan Embah-Embah, minta tolong kepadanya. Jangan dicari sekarang, nanti saja jam sembilan malam, sekarang lebih baik pulang saja dulu, bawalah ini sirih sekapur dan telur, katanya. Tentu saja tentara itu tidak mempercayainya, dan pencarian diteruskan, jaring pun dipergunakan. Ternyata setelah jam sembilan mayat itu diketemukan di dasar.

Keterangan

Menurut Bapak E. Karna ceritera "Embah Jambrong" itu didengarnya dari sdr. Kandi umur 17 tahun di ciburuy pada tahun 1975, jadi belum lama berselang. Menurut pengakuan sdr. Kandi ia mengalami peristiwa itu. Tentang peristiwa yang sama dialami pula oleh sdr. Endang ceritera tersebut sekarang sudah beredar di masyarakat desa ciburuy. Kepercayaan akan Embah Jambrong itu sendiri mungkin telah ada sebelumnya, sebab di daerah lain pun nama Embah Jambrong itu ada dikenal. Bapak E. Karna beranggapan bahwa ceritera itu ada kebenarannya sebab ada orang yang mengalaminya yaitu sdr. Kandi, dan juga banyak orang lain yang menyaksikan.

Yus Rusyana

Sumber: Rusyana, Yus dan Ami Raksanagara. 1978. Sastra Lisan Sunda. Jakarta: Pusat Pembinaan
   dan Pengembangan Bahasa. 


III.             Analisis Cerita Rakyat ‘Mbah Jambrong’ dengan tujuh langkah Strategi Respons Pembaca

1.      Menyertakan (engaging)

            Jika saya menjadi Masyarakat Ciburuy saya akan menghindari datang ke telaga dimana dipercaya ada Mbah Jambrong, dan jika saya menjadi orang tua di kampung itu saya akan melarang anak-anak untuk memancing atau bermain di telaga tersebut. Dan jika ada kecelakaan di sekitaran telaga saya tidak langsung mengatakan bahwa penyebab kecelakaan tersebut ada hubungannnya dengan Mbah Jambrong. 


2.      Merinci (describing)

a.       Tokoh Cerita dan Penokohan

1.      Mbah Jambrong: mahluk Raksasa yang senang mengganggu

“Na ari pek teh manehna ngareret ngalieuk bitis, tangkal kalapa rain. Bitis buluna jambrong. Eu eta Embah Jambrong.”

“Pada waktu mereka menoleh nampaklah sebuah betis yang besar, ya bukan pohon kelapa, melainkan betis yang berbulu lebat. O, itulah Embah Jambrong.”


2.      Kandi: seorang anak yang hobi memancing di telaga

“Aya budak di dieu teh jenenganana Kandi putrana Omo. Tah kitu barudak teh bararaong nguseup ti peuting di Ciburuy. Lajeng barudak teh ngarala lauk kieu we dinya sisi eta ieh diia sisi situ teh di ditu.”
 “Ada seorang anak bernama Kandi, anak Omo. Pada suatu malam anak-anak itu memancing di Ciburuy. Anak-anak itu menangkap ikan di pinggir telaga itu.”


3.      Endang: seorang remaja yang mencuri ikan

“Kapan walahwah-waleuhweuh maling laukna oge teu tulus. Jadi ayeuna teh budakna ge teu daekeun ka ditu deui budakna teh.”

“Setelah siuman ia bicara tidak tentu ujung pangkalnya, mau curi ikan pun tidak jadi. Setelah itu ia jera tidak mau pergi lagi ke telaga.”


4.      Ibu Karni:  orang yang tahu akan Embah-Embah

“...Ibu Karni nu sok kitu teh kana Embah-Embah teh,...”

“...ibu Karni, yaitu orang yang tahu akan Embah-Embah,...”


5.      Tentara: tidak percaya hal-hal aneh dan tidak mempercayai ibu Karni

“Sumuhun tentara mah hartosna mah teu percanten,...”

“Tentu saja tentara itu tidak mempercayainya,...”


6.      Masyarakat: percaya keberadaan Mbah Jambrong serta selalu mengaitkan kecelakaan yang terjadi di telaga dengan Mbah Jambrong

“Upami ayeuna aya kacilakaan sanes, di situ, kapercantenan ieuh”

“Jika terjadi kecelakaan di telaga, biasanya dihubungkan dengan kepercayaan.”


b.      Latar

Latar tempat di Telaga Ciburuy, Jawa Barat.

Terlihat dalam cuplikan cerita berikut:

“Aya budak di dieu teh jenenganana Kandi putrana Omo. Tah kitu barudak teh bararaong nguseup ti peuting di Ciburuy. Lajeng barudak teh ngarala lauk kieu we dinya sisi eta ieh diia sisi situ teh di ditu...”

 “Ada seorang anak bernama Kandi, anak Omo. Pada suatu malam anak-anak itu memancing di Ciburuy. Anak-anak itu menangkap ikan di pinggir telaga itu.”


c.       Alur

Alur maju terlihat dari konflik yang disajikan, klimaknya terdapat di akhir cerita.


d.      Sudut pandang

Sudut pandang dalam cerita ini jika dilihat di awal cerita sudut pandang nya orang ketiga yaitu sebagai pencerita namun, pada akhir cerita ditemukan ungkapan “saya” yang mengarah pada sudut pandang orang pertama, seperti dalam cuplika cerita berikut:

“...Tapi teras aya salah sahiji nyaeta Ibu Karni nu sok kitu teh kana Embah-Embah teh,...“

“...Saya sendiri pergi kepada ibu Karni, yaitu orang yang tahu akan Embah-Embah,...”


3.      Memahami (conceiving)

“...Ari cengkat ti dinya, jeung-tangkal caringin ieu  mah masih keneh jangkung eta cenah eta jangkungna teh, ngan jambrong, bitisna wungkul, jadi meureun sagede kumaha mastakana. Jadi ngalengkahna oge ti dieu teh ngan salengkah tuh dugi ka bumi itu teh, les bae teu aya, budakna kaburu teu eling...”

 “...Waktu bangun ia melihat seseorang, betisnya saja lebih tinggi dari pohon beringin itu, dan berbulu-bulu. Betisnya saja setinggi itu, apalagi kepalanya. Langkahnya itu dari sini sampai ke rumah itu, lebih lanjut ia tak dapat menyaksikannya sebab jatuh pingsan...”

Kita dapat melihat penggambaran bentuk tubuh Mbah Jambrong yang bertubuh besar, ukuran betisnya saja digambarkan melebihi tinggi pohon beringin, itu hanya betis nya saja apalagi bagian tubuh yang lain.


“Upami ayeuna aya kacilakaan sanes, di situ, kapercantenan ieuh...”

 “Jika terjadi kecelakaan di telaga, biasanya dihubungkan dengan kepercayaan...”

Selanjutnya jika kita melihat cuplikan cerita diatas terlihat bahwa masyarakat setempat sering menghubungkan kejadian dengan Mbah Jambrong.


“Upami ayeuna aya kacilakaan sanes, di situ, kapercantenan ieuh, aya anu titeuleum tabuh dua, tentara kirang kumaha alatna, alat sagala rupi dicandak, kanggo penyelam kanggo sagala rupi bade milari letnan titeuleum. Tapi teras aya salah sahiji nyaeta Ibu Karni nu sok kitu teh kana Embah-Embah teh, Bapa nyuhunkeun tulung ka dinya, kumaha ieu teh Bu? Entong diteangan ayeuna engke jam salapan wengi, ayeuna mah aruih we entong moal kenging, mangga we ieu candak tektek wungkul, dipasihan we tektek sareng endog. Sumuhun tentara mah hartosna mah teu percanten, dugi ka dijaring sagala rupi, naha ari parantos dugi ka tabuh salapan ih geuning di handap we.”

“Jika terjadi kecelakaan di telaga, biasanya dihubungkan dengan kepercayaan. Ada seorang tentara yang tenggelam pada jam dua. Segala alat dikerahkan, alat penyelam, dan alat lainnya dibawa untuk mencari letnan yang tenggelam itu. Saya sendiri pergi kepada ibu Karni, yaitu orang yang tahu akan Embah-Embah, minta tolong kepadanya. Jangan dicari sekarang, nanti saja jam sembilan malam, sekarang lebih baik pulang saja dulu, bawalah ini sirih sekapur dan telur, katanya. Tentu saja tentara itu tidak mempercayainya, dan pencarian diteruskan, jaring pun dipergunakan. Ternyata setelah jam sembilan mayat itu diketemukan di dasar.”

Melihat cuplikan cerita tersebut juga kita dapat memahami terkadang perkataan seorang yang dianggap sakti memang terkadang benar adannya. Namun, untuk masyarakat yang sudah mengenal pendidikan memang terkadang tidak mempercayai hal-hal tersebut.


4.      Menerangkan (explaining)

Mengapa tentara tidak mempercayai omongan ibu Karni?

Karena Tentara sudah mengenal pendidikan. Jadi, mereka tidak mempercayai hal-hal yang sifatnya diluar batas nalar.


5.      Menghubungkan (connecting)

Cerita Mbah Jambrong mahluk yang menunggu telaga dan menggangu masyarakat yang mengunjungi telaga ini banyak juga kita temui di cerita-cerita daerah lain, namun dengan versi yang agak berbeda. Serta cerita ini juga sering di angkat ke layar kaca.


6.      Menafsirkan (interpreting)

Dalam cerita ini dapat kita tafsirkan bahwa masyarakat di desa masih sering mempercayai hal-hal yang sifatnya diluar nalar.


7.      Menilai (judging)

Cerita Mbah Jambrong ini sangat mudah dipahami pembaca karena ceritanya sangat sederhana. Alurnya pun tidak menyulitkan pembaca untuk mengerti maksud dari apa yang ingin diceritakan. 


Desi

1 komentar:

  1. Harrah's Cherokee Casino - Mapyro
    Harrah's 경주 출장마사지 Cherokee Casino 경산 출장샵 locations, rates, amenities: expert 고양 출장샵 Cherokee research, only at Hotel apr casino and Travel Index. Browse real-time driving 파주 출장안마 directions,

    BalasHapus